Sejarah
Perkembangan Sistem Atau Teknologi Informasi
A. Sejarah
teknologi informasi
Perkembangan teknologi dalam
peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi dalam
berkomunikasi yang selanjutnya dikenal dengan istilah tenologi informasi dan
komunikasi.
Sejak zaman prasejarah,
cara manusia menyampaikan informasi melalui berkomunikasi dalam hal
perkembangan teknologi terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya
ditemukan teknologi-teknologi informasi dan komunikasi yang sebagian besarnya
sudah usang dan sebagiannya lagi masih terus dipakai, bahkan terus diteliti dan
dikembangkan agar semakin maju.
1. Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM)
Pada awalnya, teknologi
informasi dikembangkan manusia sebagai sistem pengenalan bentuk-bentuk dengan
menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya
tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa itu, mereka mulai mengenal
benda-benda di sekitar lingkungan mereka dan mewakilkan bentuknya pada lukisan
di dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya
berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal
komunikasi.
2. Masa
Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)
Perkembangan tulisan
semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik, kertas
sebagai media penulisan yang mudah dibawa, hingga cara pencentekan buku. Pada
masa ini, informasi belum disebarkan secara massal. Pada tahun 3000 SM Untuk
pertama kalinya, ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria dengan
menggunakan simbo-simbol yang dibentuk dari piktograf. Simbol ini mempunyai
bentuk bunyi yang cara penyebutannya berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa
bangsa Sumeria telah mengenal bahasa dan tulisan pada masa itu. Selain itu,
terdapat tulisan hieroglif yang dikembangkan oleh orang-orang Mesir. Kemudian
pada tahun 1774 SM Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri
ke kanan dengan memakai abjad fonetik.
3. Masa
Modern (1400 M – Sekarang)
Tahun 1991-Sekarang
Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam
menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.Pada
tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World
Wide Web (WWW) oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk
menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data
serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan
jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet
melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan
manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995,
perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
Backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya
internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang
lebih canggih.
B. Sejarah
Komputer
Pada Periode Elektronik
inilah kita mulai memasuki generasi komputer. Berikut ini penjelasan
masing-masing dari generasi komputer tersebut:
Komputer
Generasi I
Sejarah komputer
generasi pertama mulai hadir pada tahun 1946 - 1956, beberapa ciri utama dari
generasi ini di antaranya:
·
Menggunakan tabung hampa udara (vacuum
tubes) sebagai sirkuitnya.
·
Ukuran fisik komputer besar sehingga
memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
·
Memiliki media penyimpanan luar berupa
magnetik tape atau magnetik drum.
·
Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa
mesin (machine language)
Komputer
Generasi II
Sejarah komputer
generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari
generasi ini di antaranya:
·
Sudah menggunakan transistor untuk
sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
·
Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan,
dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
·
Menggunakan bahasa assembly yang terdiri
dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner
Contoh komputer
generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak
tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi
ini untuk mengolah informasi keuangan.
Komputer
Generasi III
Adapun contoh komputer
generasi ketiga ini di antaranya:
·
IBM S/360
IBM
S/360 yang dirancang untuk bisnis dan teknik.
·
GE 600 dan GE 235
General
Electric mengeluarkan GE 600 dan GE 235.
·
NCR Century
National
Cash Register mengeluarkan NCR seri Century
Komputer
Generasi IV
Sejarah komputer
genarasi keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
·
Mulai dikembangkan komputer micro yang
menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan
oleh Intel (Intel 8080)
·
Mulai digunakannya LSI (Large Scale
Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit)
dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale
Integration).
·
Pada generasi ini hampir sebagian besar
komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User
Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.
Komputer
Generasi V
Sejarah komputer
generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini
di antaranya:
·
Di Jepang didirikan ICOT (Institute
for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima,
yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
·
Dikembangkannya sistem komputer yang
memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan
karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan
natural language (bahasa sehari-hari).
C. Perangkat
Komputer
1. Motherboard
Motherboard adalah
papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti
processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama
yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang
berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.
2. Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
3. Harddisk
Hard disk atau hard
disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai
media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan
yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.
4. RAM
( Random Access Memory )
RAM atau Random Acces
Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi
yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM
bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang
disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode
hibernate.
5. Power
Supply
Power Supply merupakan
perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen yang
lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang
jantung komputer, jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.
6. Keyboard
dan mouse
Keyboard merupakan
papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari
deretan huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain :
keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron,
keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.Seperti halnya keyboard, mouse juga
tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk
aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya
yang menyerupai seekor tikus. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, anatara lain :
mouse serial, mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
7. Monitor
Monitor merupakan salah
satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan
hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan
resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini
adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
D. Pemanfaatan
Sistem atau teknologi Informasi
Disini saya akan
sedikit menjelaskan beberapa manfaat aplikasi teknologi informasi di berbagai
bidang. yaitu :
1.
Bidang Sains: dalam bidang ini teknologi informasi dapat digunakan untuk
meramalkan cuaca, misalnya hujan. Dengan manfaat ini masyarakat dapat
mengantisipasi kondisi tersebut. Selain peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu
dapat meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.
2.
Bidang teknik / rekayasa : manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat
menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi
arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini yaitu, seperti Auto Cad, Corell Draw, Ms
Project
3.
Bidang Ekonomi : pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi
yaitu melaui e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish
usahanya melalui internet. Seperti misalnya informasi mengenai spesifikasi dan
harga produk yang dijual serta transaksi penjualannya.
4.
Bidang Bisnis : Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa
digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat
terus memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun
tidak berada di tempat dan bertatap muka.
Perkembangan
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
A. Pemahaman
Komponen Perangkat keras
1. Input
Unit Masukan ( Input
Device )
Unit ini berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer.
2. Proses
Peralatan proses pada
komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah
data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk
informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan
proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling
berhubungan satu sama lain. Peralatan proses tersebut diantaranya: motherboard,
cpu
3. Kontrol
Processor sering
disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen
lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah
sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang
berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak
pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan
processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung
dari jenis dan kapasitas processor.
4. Penyimpanan
Media Penyimpanan
Komputer tersebut mempunyai berbagai macam media nya, tetapi dalam komputer
alat penyimpanan komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori media
penyimpanan data saja yaitu sebagai berikut :
1.
Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)
2.
Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)
3.
Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
5. Output
Istilah dari Perangkat
keluaran atau output device ini adalah setiap bagian dari
peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil
pengolahan data yang dilakukan oleh suatu sistem pengolahan informasi (seperti
komputer ) yang mengubah informasi elektronik yang dihasilkan ke dalam bentuk
yang dapat dibaca manusia. Berikut adalah beberapa macam perangkat keluaran
komputer. contoh : Monitor, printer
B. Pemahaman
komponen perangkat lunak
1. Evolusi
Perangkat Lunak
1. Tahap Pertama (1950 –
1960)
Evolusi perangkat lunak
tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960.
Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri
berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk
kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus
harus memesan terlebih dahulu.
2. Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun
1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi
user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling
berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi
manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
3. Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak
tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun
1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.
Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian
informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat.
4. Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak
Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini,
perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga
perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem
operasi. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi
obyek (OOP).
2.
Klasifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak secara
umum dapat di bagi 2 yaitu :
1.
Perangkat lunak sistem
2.
Perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem dapat
di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
1.
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di
jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL,
Pascal, C++, FORTRAN
2.
Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang
pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi :
DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System 7
3.
Utility : merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi
tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting),
memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk
(partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak
aplikasi atau application software merupakan perangkat lunak yang
digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari manusia yang spesifik; misalnya
untuk membuat dokumen, manipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
Contoh :
1. Aplikasi
Office
Aplikasi Office adalah
kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa
melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih
dahulu. Contoh : microsoft excell, Microsofy word, dll
2. Aplikasi
Multimedia
Perangkat lunak
multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media
informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif.
Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk
melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
Contoh : Pemutar Musik
itunes, Pemutar dan pengedit video adobe premier,dll
3. Aplikasi Internet
Aplikasi Internet
adalah istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi
tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya
aplikasi yang sesuai. Contoh : e-mail
Review
Produk Perusahaan IT Yang Inovasinya Memberi Pengaruh Yang Signifikan Bagi
Masyarakat
Diluncurkan pada 2011,
Blibli tercatat sebagai situs e-commerce termuda di Indonesia. Toko maya itu
menjual segala jenis barang dari BlackBerry hingga layanan TV berlangganan atau
tiket konser dan sepeda motor.
Hiruk pikuk transaksi
didalamnya cukup membuatnya dijuluki Amazon.com versi
Indonesia. Blibli lebih menitikberatkan kepada hal-ihwal teknologi. Tak seperti
banyak situs di Nusantara yang tak dipersenjatai sistem pembayaran yang aman,
Blibli menerima Visa atau Mastercard dan dirancang mendapatkan persetujuan
serta jaminan keamanan dari VeriSign, perusaan autentifikasi layanan yang
berbasis di AS.
Perusahaan start-up itu
dimiliki oleh PT Global Digital Niaga, anak perusahaan Grup Djarum dan Bank
Central Asia (BCA), yang memungkinkannya tak kehabisan dana. Alhasil,
merek-merek ternama seperti Cartier, Harley Davidson dan Phillips, kepincut.
Demi memadukan media
sosial dengan pengalaman belanja online, situs itu menampilkan kolom “Our
Experts” dengan para penulis yang dilabeli “Miss Stylish” dan “Mr. Gadget.”
Keduanya berfungsi sebagai kurator yang memilih barang-barang sesuai dengan
reaksi pasar menyangkut tren terbaru, review telepon seluler, dan komputer. Situs
itu dikunjungi sekitar 30 ribu orang per hari dan memiliki keterikatan kuat
dengan perbankan serta perusahaan telekomunikasi. Keistimewaan situs ini juga
pada kecepatan pengiriman barang. Contoh:pengiriman barang perdana iPhone 4S
tiba satu jam setelah pemesanan.
BLIBLI.COM adalah e-commerce
pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 dengan
berkantor pusat di Jakarta telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Kini Blibli.com telah
memiliki 15 kategori produk yaitu Handphone; Tablet & Wearable
Gadget; Kamera; Komputer & Laptop; Peralatan Elektronik; Fashion
Pria; Fashion Wanita; Kesehatan & Kecantikan; Ibu &
Anak; Olahraga & Aktivitas Luar Ruang; Tiket &
Voucher; Home & Living; Mainan & Video Games; Otomotif; Kuliner; dan
Galeri Indonesia dengan memiliki 4 warehouse yang tersebar di
Jakarta, Tangerang, dan Medan.
Dalam perjalanan
bisnisnya, Blibli.com hadir
sebagai satu-satunya e-commerce yang berkomitmen turut aktif dalam mendukung
dan memberdayakan creativepreneurs lokal mulai dari pengembangan
usaha hingga menjadi market channel bagi mereka. Blibli.com juga telah bermitra
dengan lebih dari 20.000 brand lokal maupun internasional seperti :
Accent, Clarks, Zara, Bonia, Nautica, ataupun Adidas, Nike, Mum&Babes, dan
Mothercare.
Blibli.com selalu
mengedepankan customer focus, dengan menghadirkan produk –
produk yang relevan, akses yang lengkap dan layanan Customer
Care 24×7. Kelebihan utama kami adalah melayani konsumen di seluruh
Indonesia dengan gratis biaya pengiriman (free shipping) ke semua
destinasi, beragam cara pembayaran, cicilan 0% dari 18 bank,
program pengembalian barang hingga 15 hari, dan
pengadaan program poin Blibli Rewards.
Kelebihan
dari Blibli
Harganya kompetitif
kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa
termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.
Kupon belanja yang mudah
didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah
kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.
Ongkos kirim gratis ke
seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke
Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil
belanja kita jadi lebih hemat.
Customer service yang
mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai
masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda
mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24
jam sehari.
Pelayanan customer
service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.
Packing barangnya untuk
elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak
menambah biaya ongkos kirim. Agak kagum saya melihat pembelian handphone
Smartfren Andromax C3 saya dikemas seperti itu, kalau dulu di Lazada saya beli
hp si merchant partner cuma menggunakan kardus aslinya dan dibungkus biasa.
Mungkin ini karena letak perbedaan sistem pengirimannya yang saya rasakan lebih
lama dari standarnya.
Kekurangan
Blibli
Sistem konfirmasi
pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau
order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu.
Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba
Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.
Tidak ada cara
konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli
untuk hal ini.
Kalau di Lazada setiap
ada perubahan status order akan
diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat
meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek
kabar terbarunya.
Sistem pengiriman
barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant
partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama
(saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi
kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan
diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.
Sumber:
www.academia.edu
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://trisnowlaharwetan.wordpress.com/2010/03/11/evolusi-perangkat-lunak/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
http://www.sby.dnet.net.id/dnews/mei-2013/article-10-perusahaan-it-yang-sukses-di-indonesia-244.html#.WdHPBoiGPIU
https://www.blibli.com/page/press-release/blibli-com-dan-unilever-indonesia-hadirkan-kemudahan-belanja-online-lewat-unilever-anchor-store/
https://utekno.com/kelebihan-kekurangan-blibli-10830
0 comments:
Post a Comment