Pengertian
Bisnis
Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan
oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create
value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and
service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan
melalui transaksi.
Aspek-aspek
Bisnis :
Ø Kegiatan
individu dan kelompok
Ø Penciptaan
nilai
Ø Penciptaan
barang dan jasa
Ø Keuntungan
melalui transaksi
Fungsi
bisnis
1.
Fungsi Mikro Bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang berperan langsung
Ø Pekerja
/ Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang
layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi
yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba
Ø Dewan
Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi
manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan
Ø Pemegang
Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan
dantanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.
2.
Fungsi Makro Bisnis
Kontribusi
terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung
Ø Masyarakat
sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada
masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
Ø Bangsa
dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan
negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak
Elemen
dan Sistem Bisnis
Ø Modal
(capital)
Sejumlah
uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
Ø Bahan-bahan
(materials)
Merupakan
faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk
diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
Ø Sumber
Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi
SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
Ø Ketrampilan
Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen
yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen
PENERAPAN
5 ASPEK BISNIS PADA APLIKASI KAI ACCES
Teknologi informatika telah banyak
merubah wajah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) hingga dapat menyuguhkan layanan
yang modern seperti saat ini.
Tak hanya bagi masyarakat pengguna jasa
Kereta Api tapi juga bagi internal PT KAI sendiri. Dibandingkan lima tahun
lalu, pengguna jasa kereta api saat ini pasti lebih bisa tersenyum lebar dan
tercenggang dengan inovasi dari PT KAI. Teknologi informatika yang mendukung
kemajuan PT KAI adalah Rail Ticketing System (RTS), sebuah sistem
tiket untuk angkutan penumpang kereta api. RTS ini juga menjadi inovasi baru
dalam bidang transportasi darat Indonesia.
Berikut nilai dan manfaat 5 aspek bisnis
online PT. KAI :
1.
Efisiensi
Membeli
tiket kereta api secara online di KAI Access akan lebih menghemat waktu Anda
dari pada harus membelinya langsung di stasiun yang terkadang hanya membuang
waktu. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan waktu yang Anda miliki untuk
melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dan tentunya lebih berharga dari
melakukan perjalanan ke stasiun sekadar untuk mengantri tiket. Anda juga jadi
tidak perlu mengeluarkan biaya transport ke stasiun hanya semata-mata untuk
membeli tiket saja. Tidak hanya itu, Anda juga tentunya akan mendapatkan komisi
terbaik karena hanya KAI Access yang memberikan komisi sebesar Rp 2.500 untuk
mitranya dan memiliki opsi split code booking yang memudahkan
mitranya untuk memisahkan kode booking penumpang sehingga Anda bisa mendapatkan
lebih banyak komisi.
2.
Efektifitas
Seperti
yang telah disebutkan di atas, memesan tiket di KAI Access tidak perlu
mengantri lama yang hanya menguras energi, tinggal gunakan smartphone atau PC
Anda untuk membuka website kai.id. Kini, KAI Access sudah memiliki mobile
siteyang memudahkan para mitranya bertransaksi melalui smartphone mereka
sehingga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama Anda memiliki koneksi
internet.
Pada
aplikasi KAI Access juga menawarkan kemudahan lain seperti penerapan sistem
pendaftaran profil yang wajib dimasukkan oleh data yang valid. Profil
lengkap ini nantinya akan secara otomatis dimasukkan ketika pengguna melakukan
pemesanan. Fitur ini jelas kembali memudahkan penumpang dalam mempersingkat
sistem verifikasi check-in di stasiun yang kini diterapkan PT KAI
untuk menanggulangi percaloan tiket. Pendaftaran profil sendiri memang sedikit
merepotkan di awal, namun ketika telah usai dilakukan, pemesanan tiket secara
berulang di lain waktu dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus memasukkan data
pribadi kembali.
Aplikasi
KAI Access juga memungkinkan calon penumpang untuk membeli tiket kereta api di
hari yang sama, hanya saja pembeliannya harus dilakukan 2 jam sebelum waktu
kereta berangkat. Segala kemudahan yang ditawarkan tadi juga ditopang dengan
cukup baik oleh KAI Access perihal pembayaran tiket.
3.
Jangkauan
Teknologi
elektronik telah memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan. Dengan
menghubungkan diri ke internet, berarti perusahaan secara tidak langsung telah
menghubungkan dirinya dengan ratusan juta calon pelanggan yang tersebar di
berbagai belahan dunia. Kemampuan ekspansi yang sedemikin mudah (menembus batas
ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal, tentu saja
merupakan keuntungan yang tidak ternilai harganya bagi sebuah perusahaan. Teknologi
online memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan domain kerja sama dengan
mitranya secara signifikan.
Pemesanan
bisa dilakukan dimanapun asal memiliki koneksi internet aktif sehingga Anda
bisa melayani calon pelanggan Anda kapan saja tanpa kenal waktu. Cukup buka
websitenya dan pilih kereta yang diinginkan dan isi data penumpang yang
diperlukan Anda sudah bisa langsung mendapatkan kode booking dari KAI. Selain
itu, KAI Access juga memberikan opsi pemilihan tempat duduk sehingga pelanggan
bebas memilih tempat duduk sesuai keinginan mereka.
4.
Struktur
Tak
bisa dipungkiri, ada kejadian dimana beberapa penumpang kehilangan atau lupa membawa
print tiket mereka. Hal seperti ini tentu saja malah merepotkan perusahaan dan
penumpang karena bagaimanapun tiket merupakan hal yang terpenting untuk dibawa
ketika bepergian. Namun sekarang dengan fitur e-ticketing di KAI
Access, penumpang tidak perlu takut lagi kehilangan tiket dan gagal melakukan
perjalanan yang telah direncanakan. Karena di aplikasi KAI Acces terdapat fitur
E-Ticketing dan Boarding Pass Online. Sehingga setelah penumpang tiba di
stasiun, mereka tinggal menunjukkan kode booking dan kartu identitas (KTP, SIM,
dsb) ke petugas.
Pada
aplikasi KAI Access juga terdapat beberapa fitur yg terstruktur dan terhubung
ke anak perusahaan KAI sehingga penumpang dapat melakukan transaksi lain di KAI
Acces selain memesan tiket kereta. Salah satu fitur tersebut adalah menu
memesan makanan saat berada di atas atau di dalam kereta api. KAI Acceess
terhubung langsung ke perusahaan PT Reska di mana perusahaan tersebut adalah
anak perusahaan dari PT KAI. Penumpang dapat memesan makanan dengan menggunakan
aplikasi KAI Access di dalam kereta sehingga penumpang tidak perlu dating atau
pindah ke gerbong restoran di dalam kereta.
5.
Peluang Pasar
Implementasi
KAI Access memungkinkan untuk memperbanyak channel reservasi dan pilihan cara
pembayaran, sehingga lebih fleksibel dan lebih dekat dengan pelanggan. KAI
Acces membuka peluang untuk bisnis baru, diantaranya integrasi dengan moda
angkutan lain, hotel, travel agent, penggunaan vending machine melalui
mekanisme kerja sama, dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi, RTS memungkinkan
untuk masuk ke pasar global melalui website. Saat ini, pemesanan tiket KA pun
sudah bisa dilakukan dari luar negeri.
Sumber
:
0 comments:
Post a Comment