Sunday, March 31, 2019

Nilai dan Manfaat 5 Aspek Bisnis Online


Pengertian Bisnis

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Aspek-aspek Bisnis :
Ø  Kegiatan individu dan kelompok
Ø  Penciptaan nilai
Ø  Penciptaan barang dan jasa
Ø  Keuntungan melalui transaksi



Fungsi bisnis
1.      Fungsi Mikro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung

Ø  Pekerja / Karyawan
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba
Ø  Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan
Ø  Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dantanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.

      2.      Fungsi Makro Bisnis
Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung

Ø  Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
Ø  Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak


Elemen dan Sistem Bisnis
  Ø Modal (capital)
Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis
  Ø Bahan-bahan (materials)
Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat
  Ø Sumber Daya Manusia (SDM)
Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi
  Ø Ketrampilan Manajemen (Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen

PENERAPAN 5 ASPEK BISNIS PADA APLIKASI KAI ACCES
Teknologi informatika telah banyak merubah wajah PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) hingga dapat menyuguhkan layanan yang modern seperti saat ini.
Tak hanya bagi masyarakat pengguna jasa Kereta Api tapi juga bagi internal PT KAI sendiri. Dibandingkan lima tahun lalu, pengguna jasa kereta api saat ini pasti lebih bisa tersenyum lebar dan tercenggang dengan inovasi dari PT KAI. Teknologi informatika yang mendukung kemajuan PT KAI adalah Rail Ticketing System (RTS), sebuah sistem tiket untuk angkutan penumpang kereta api. RTS ini juga menjadi inovasi baru dalam bidang transportasi darat Indonesia.


KAI akses cara pesan tiket kereta online


Berikut nilai dan manfaat 5 aspek bisnis online PT. KAI :
           1.      Efisiensi
Membeli tiket kereta api secara online di KAI Access akan lebih menghemat waktu Anda dari pada harus membelinya langsung di stasiun yang terkadang hanya membuang waktu. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan waktu yang Anda miliki untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat dan tentunya lebih berharga dari melakukan perjalanan ke stasiun sekadar untuk mengantri tiket. Anda juga jadi tidak perlu mengeluarkan biaya transport ke stasiun hanya semata-mata untuk membeli tiket saja. Tidak hanya itu, Anda juga tentunya akan mendapatkan komisi terbaik karena hanya KAI Access yang memberikan komisi sebesar Rp 2.500 untuk mitranya dan memiliki opsi split code booking yang memudahkan mitranya untuk memisahkan kode booking penumpang sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak komisi.

           2.      Efektifitas
Seperti yang telah disebutkan di atas, memesan tiket di KAI Access tidak perlu mengantri lama yang hanya menguras energi, tinggal gunakan smartphone atau PC Anda untuk membuka website kai.id.  Kini, KAI Access sudah memiliki mobile siteyang memudahkan para mitranya bertransaksi melalui smartphone mereka sehingga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama Anda memiliki koneksi internet.

Pada aplikasi KAI Access juga menawarkan kemudahan lain seperti penerapan sistem pendaftaran profil yang wajib dimasukkan oleh data yang valid. Profil lengkap ini nantinya akan secara otomatis dimasukkan ketika pengguna melakukan pemesanan. Fitur ini jelas kembali memudahkan penumpang dalam mempersingkat sistem verifikasi check-in di stasiun yang kini diterapkan PT KAI untuk menanggulangi percaloan tiket. Pendaftaran profil sendiri memang sedikit merepotkan di awal, namun ketika telah usai dilakukan, pemesanan tiket secara berulang di lain waktu dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus memasukkan data pribadi kembali.

Aplikasi KAI Access juga memungkinkan calon penumpang untuk membeli tiket kereta api di hari yang sama, hanya saja pembeliannya harus dilakukan 2 jam sebelum waktu kereta berangkat. Segala kemudahan yang ditawarkan tadi juga ditopang dengan cukup baik oleh KAI Access perihal pembayaran tiket.

           3.      Jangkauan
Teknologi elektronik telah memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan. Dengan menghubungkan diri ke internet, berarti perusahaan secara tidak langsung telah menghubungkan dirinya dengan ratusan juta calon pelanggan yang tersebar di berbagai belahan dunia. Kemampuan ekspansi yang sedemikin mudah (menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal, tentu saja merupakan keuntungan yang tidak ternilai harganya bagi sebuah perusahaan. Teknologi online memungkinkan perusahaan untuk memperluas jangkauan domain kerja sama dengan mitranya secara signifikan.

Pemesanan bisa dilakukan dimanapun asal memiliki koneksi internet aktif sehingga Anda bisa melayani calon pelanggan Anda kapan saja tanpa kenal waktu. Cukup buka websitenya dan pilih kereta yang diinginkan dan isi data penumpang yang diperlukan Anda sudah bisa langsung mendapatkan kode booking dari KAI. Selain itu, KAI Access juga memberikan opsi pemilihan tempat duduk sehingga pelanggan bebas memilih tempat duduk sesuai keinginan mereka.

           4.      Struktur
Tak bisa dipungkiri, ada kejadian dimana beberapa penumpang kehilangan atau lupa membawa print tiket mereka. Hal seperti ini tentu saja malah merepotkan perusahaan dan penumpang karena bagaimanapun tiket merupakan hal yang terpenting untuk dibawa ketika bepergian. Namun sekarang dengan fitur e-ticketing di KAI Access, penumpang tidak perlu takut lagi kehilangan tiket dan gagal melakukan perjalanan yang telah direncanakan. Karena di aplikasi KAI Acces terdapat fitur E-Ticketing dan Boarding Pass Online. Sehingga setelah penumpang tiba di stasiun, mereka tinggal menunjukkan kode booking dan kartu identitas (KTP, SIM, dsb) ke petugas.

Pada aplikasi KAI Access juga terdapat beberapa fitur yg terstruktur dan terhubung ke anak perusahaan KAI sehingga penumpang dapat melakukan transaksi lain di KAI Acces selain memesan tiket kereta. Salah satu fitur tersebut adalah menu memesan makanan saat berada di atas atau di dalam kereta api. KAI Acceess terhubung langsung ke perusahaan PT Reska di mana perusahaan tersebut adalah anak perusahaan dari PT KAI. Penumpang dapat memesan makanan dengan menggunakan aplikasi KAI Access di dalam kereta sehingga penumpang tidak perlu dating atau pindah ke gerbong restoran di dalam kereta.

            5.      Peluang Pasar
Implementasi KAI Access memungkinkan untuk memperbanyak channel reservasi dan pilihan cara pembayaran, sehingga lebih fleksibel dan lebih dekat dengan pelanggan. KAI Acces membuka peluang untuk bisnis baru, diantaranya integrasi dengan moda angkutan lain, hotel, travel agent, penggunaan vending machine melalui mekanisme kerja sama, dan lain sebagainya. Lebih jauh lagi, RTS memungkinkan untuk masuk ke pasar global melalui website. Saat ini, pemesanan tiket KA pun sudah bisa dilakukan dari luar negeri.


0 comments:

Post a Comment