RIZKI MOBILKU
Anda
adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham
mayoritas dari kelompok 5 dealer
mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan
beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer
yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak
diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan
cara-cara untuk membantu manajemen di dealer
tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu
hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki
Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer
hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi, ia tidak menyadari potensi
dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan
manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan
pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi
pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu
bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut
dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1.
Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan
antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi
di Rizki Mobilku?
2.
Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk
mencapai keunggulan kompetitif?
Jawab
- Perbedaan Data dengan Informasi.
Ø Data
adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat
mentah, sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa gambar,
suara, huruf, angka, atau symbol - simbol lainnya yang bisa kita gunakan
sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek , kejadian atau suatu konsep.
Ø Informasi
adalah hasil pengolahan dari data dan memiliki nilai tertentu, dan bisa
digunakan untuk menambah pengetahuan bagi penerimanya.
Dalam
kasus diatas data yang bisa proses menjadi informasi yaitu data para pemilik
mobil yang membeli mobil di dealer tersebut. Dengan data ini, perusahan bisa
dengan mudah mengetahui siapa saja para pemilik mobil serta dapat berkomunikasi
dengan konsumen dan membuka peluang untuk para pemilik mobil melakukkan
pemeliharaan kendaraannya di dealer tersebut dan bukan tidak mungkin para
pemilik mobil akan membeli mobil kembali di dealer tersebut. Jadi jika para
pemilik kendaraan nantinya puas dengan pelayanan dealer maka mereka akan
memberitahu rekan atau sodaranya untuk membeli mobil didealer dan melakukan
perawatan didealer tersebut. otomatis kuntungan dealer bisa jauh lebih
meningkat.
- Saran untuk kasus diatas manajemen perusahaan harus mampu memberikan kinerja terbaik dan harus mampu untuk melihat segala peluang yang ada. perusahaan juga seharusnya selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen, perusahaan juga harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen baik itu dalam hal perawatan maupun penjualan mobil. dan perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada agar dapat memajukan perusahaan itu sendiri, perusahaan juga dituntut lebih kreatif agar tidak kalah saing dengan perusahaan yang lainnya karena di era teknologi ini persaingan begitu pesat dan begitu kompetitif.
0 comments:
Post a Comment